Berita Jaffray

Admin STT Jaffray

Admin STT Jaffray

Perpustakaan STFT Jaffray Makassar berdiri bersamaan dengan berdirinya STFT Jaffray Makassar pada tahun 1932 yang dulunya bernama “Sekolah Alkitab Makassar”. Pada saat itu perpustakaan masih bersifat perpustakaan pribadi/perorangan, dimana buku-buku tersedia masih dimiliki oleh dosen masing-masing yang penggunaannya ialah untuk menunjang proses belajar-mengajar sesuai dengan bidangnya.

Seiring dengan berjalannya waktu perpustakaan ini berkembang, pada tahun 1964 Perpustakaan STT Jaffray dibuka secara resmi dan dikepalai oleh Ny. Luci Kamasi. Sejak dibuka secara resmi kepala perpustakaan sudah berganti beberapa kali, yaitu tahun 1984 Ny. Ribka Sadrak, tahun 1987 Ny. A. Chapman, dan Ny. Bannett yang merupakan misionari dari CMA, kemudian tahun 2000 kembali dipimpin Ny. Ribka Sadrak,  tahun 2006-2016 dikepalai oleh Bapak Marthen Tolong, S.Kom.,  dan 2016 – sekarang oleh Ny. Johana Betris Tumbol, SE., M.Si.

Perpustakaan ini terus dibenahi mengingat begitu pentingnya fungsi perpustakaan di lingkungan kampus STFT Jaffray Makassar. Perpustakaan ini bertugas mengumpulkan, memelihara, mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Masyarakat pembacanya adalah para mahasiswa, pengajar, peneliti pada lingkungan STF Jaffray, dan masyarakat umum.

Perkembangan dunia teknologi dan informasi di bidang perpustakaan di abad 21 cukup pesat. Dari sumber-sumber/resources yang berbentuk fisik bermutasi menjadi bentuk digital. Layanan secara manual menjadi layanan online, dan lain-lain.  Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi  Pustakawan dan Perpustakaan STFT Jaffray dalam tata kelola dan pelayanannya. Karena itu dalam usaha untuk meningkatkan pelayanan guna mendukung penyelenggaraan pendidikan sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar, Perpustakaan STFT Jaffray memiliki Visi-Misi Perpustakaan 2016-2021 sebagai berikut:

Visi :

Sebagai Penyedia Informasi  Yang Tepat Guna Dalam Rangka  Mendukung STFT Jaffray Untuk Mewujudkan Lulusan Yang Handal Dalam Pengetahuan, Penelitian dan Pengabdian Berkualitas Serta Profesional Bagi Penggenapan Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Gereja dan Masyarakat.

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan bagi civitas akademika guna mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Mengembangkan sistem informasi perpustakaan untuk memudahkan temu kembali informasi.
  3. Mendayagunakan sumberdaya  manusia,  sarana dan prasarana yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Mengelola dan mendokumentasikan bahan pustaka yang dimiliki STT Jaffray sesuai dengan kemajuan teknologi informasi bidang perpustakaan.
  5. Memberikan link kepada perpustakaan dunia.

Tujuan :

  1. Terciptanya pelayanan yang berbasis kepuasan pengguna.
  2. Terwujudnya sistem informasi perpustakaan
  3. Meningkatnya kinerja sumber daya manusia serta fasilitas pendukung perpustakaan yang berbasis IT.
  4. Tersedianya bahan pustaka sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan civitas akademika.
  5. Kemudahan akses kepada sumber-sumber pustaka dunia.

Motto Perpustakaan: Now is Reader, Tomorrow is Leader

Harapan kami Visi, Misi dan Tujuan ini bisa terwujud dengan baik. Dukungan dan semua pihak sangat kami butuhkan demi terwujudnya Visi, Misi dan tujuan perpustakaan.

 

HARI CINTA BUKU

Kegiatan Hari Cinta Buku 2020 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh perpustakaan STFT Jaffray Makassar. Dimana tahun 2020 ini merupakan tahun ke-3 dari ajang kegiatan ini. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca mahasiswa yang rata-rata minat bacanya masih rendah.  Mahasiswa yang malas untuk membaca sudah menjadi gejala umum yang menghinggapi kalangan mahasiswa saat ini. Bahkan masih banyak mahasiswa yang bisa lulus tanpa sekali pun pernah ke perpustakaan. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Dady P Rachmananta pada Hari Aksara Nasional. [1]  Padahal membaca buku atau literatur adalah sumber referensi yang sangat penting bagi mahasiswa. Membaca merupakan suatu kegiatan yang dapat menambah wawasan dan memperluas cakrawala kita. Membaca tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar saja, tetapi juga dapat membentuk kepribadian individu dengan menghayati hasil bacaannya.[2]

Karena itu HCB dikemas dalam beberapa event yaitu bedah buku, Seminar dan Workshop Literasi Informasi seperti  Penelusuran Informasi, Cara Menggunakan Reference Manager, Plagiarisme, Membuat Parafrase, dan Teknik Membaca Cepat SQ3R.

Hari Cinta Buku juga merupakan wadah bagi kreatifitas mahasiswa dalam menuangkan kemampuan dan ketrampilan mereka hal membaca Alkitab dalam berbagai bahasa (Indonesia, Ibrani dan Yunani), mencipta lagu rohani, dan membuat video iklan pendek (layanan kampus).

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa baik program S1 maupun program Pascasarjana memiliki minat baca yang tinggi khususnya membaca Alkitab sebagai buku sumber utama dalam pendidikan Teologi, dapat mengimplementasikan  pengetahuan dan ketrampilan Literasi Informasi yang dimiliki untuk kebutuhan akademik dan kebutuhan sehari-hari di dalam dunia nyata. Juga mampu menghasilkan karya sesuai talenta yang dimiliki. Khususnya karya-karya tulis dalam bentuk jurnal ilmiah.

Akhirnya mari dukung Perpustakaan STFT Jaffray Makassar untuk mencapai Visi dan Misinya mendukung STFT Jaffray Untuk Mewujudkan Lulusan Yang Handal Dalam Pengetahuan, Penelitian dan Pengabdian Berkualitas Serta Profesional Bagi Penggenapan Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Gereja dan Masyarakat.

Kontak kami di:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor : 0411 3625961

Media Promosi:

FB: Perpustakaan STT Jaffray

Youtube : Perpustakaan STT Jaffray

Instagram: Perpustakaan STT Jaffray

Makassar, 23 Juli 2020

 

Salam Literasi,

 

Johana Betris Tumbol, SE., M.Si

Kep. Unit Perpustakaan

 

[1] Deni Hardianto, “Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY”, Majalah Ilmiah Pembelajaran Nomor 1 Volume 7 Mei 2011.

[2] Helzi Anugra, Pawit M Yusup, Wina Erwina, Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori Tentang Minat Baca Mahasiswa Di Upt Perpustakaan ITB, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol 1, No. 2, 2013.

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus oleh rahmat dan anugerahnya maka perkuliahan semester genap tahun ajaran 2019/2020 boleh berakhir. Kegiatan lainnya yang telah terlaksana diantaranya Hari Cinta Buku pada tanggal 16-26 Juni 2020. Begtu pula dengan Recital konsentrasi Musik Gerejawi pada tanggal 3 Juli 2020. Mahasiswa praktik juga sudah kembali dari tempat praktiknya dan telah mengutus kembali 78 mahasiswa praktik untuk bulan Juli sampai Desember 2020. Pelantikan pengurus BEM, LMPM, dan Majelis Chapel juga sudah terlaksana.

Adapun kegiatan yang sedang berlangsung saat ini ialah perkuliahan semester antara yang mulai 15 Juni 2020 hingga 3 Agustus 2020. Selain itu ujian skripsi, tesis dan disertasi yang berlangsung di setiap bulan. Penerimaan mahasiswa baru dengan jumlah calon mahasiswa baru sampai pada tanggal 6 Juli 2020 ini yang telah  registrasi sejumlah 98 orang dan jumlah ini akan terus bertambah hingga penutupan registrasi pada bulan Agustus 2020. Penyelenggaraan wisuda yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020. Kegiatan Akta IV pada bulan Agustus 2020. Persiapan visitasi online akreditasi prodi S1 Ilmu Filsafat. Perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Ada masih banyak lagi kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan dalam sepanjang tahun 2020 ini.

Untuk itu kami membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam doa dan keterlibatan partisipasinya agar pekerjaan Tuhan dalam lembaga STFT Jaffray ini senantiasa seturut dengan kehendak Tuhan demi pemenuhan Amanat Agung Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita senantiasa.

 

Salam,

Ketua STF Theologia Jaffray Makassar

 

 

Pdt. Dr. Ivan Th. J. Weismann, M.Hum

Protokol Kesehatan dan Kewaspadaan Mahasiswa STT Jaffray Makassar Tahun 2020

  1. Saat kembali ke Kampus STT Jaffray
    1. Mahasiswa dapat memantau perkembangan dan informasi kampus melalui website kampus (https://sttjaffray.ac.id) atau FB (STT Jaffray)
    2. Mahasiswa yang baru tiba dari luar kota Makassar harap membawa Surat Hasil Pemeriksaan Kesehatan dari Fasilitas Kesehatan yang menyatakan bahwa Bebas Covid-19.
    3. Jika ada demam dan batuk seperti gejala awal Covid-19, harap segera periksa ke Rumah Sakit.
  2. Saat Kepulangan
    1. Memastikan daerah kepulangan tidak dalam status yang tidak diperbolehkan orang keluar masuk daerah tersebut dari informasi peta sebaran Covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah atau informasi lainnya;
    2. Tergantung pada kondisi tubuh, mahasiswa dapat memilih untuk menunda atau membatalkan kepulangan. Jika mahasiswa memutuskan untuk kepulangan, pastikan untuk melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah terkena dan menyebarkan Covid-19 dan penyakit pernapasan lainnya selama perjalanan;
    3. Pertimbangkan risiko menularkan Covid-19 atau tertular kepada/dari orang lain selama perjalanan, terutama jika akan melakukan kontak dekat dengan orang yang lebih tua atau memiliki kondisi esehatan kronis yang parah;
    4. Mempersiapkan alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, tisu secukupnya dan lainnya;
    5. Memastikan keadaan tempat tinggal yang akan ditinggalkan dalam keadaan aman. Cabut peralatan listrik, jendela dan pintu terkunci dan memastikan tidak ada barang berharga yang ditinggal;
    6. Memastikan kesiapan alat transportasi yang akan digunakan;
    7. Menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta minum multivitamin dan obat peningkat immunitas jika diperlukan;
  3. Saat Beraktivitas dalam Perjalanan
    1. Moda transportasi yang digunakan saat kepulangan sebaiknya kendaraan yang memperhatikan esehata esehatan
    2. Hindari kontak jarak dekat (min. 1 sampai 2 meter) dengan orang lain terutama penderita demam dan batuk;
    3. Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau dengan hand sanitizer minimal 30 detik dengan 6 langkah mencuci tangan yaitu:
      1. Ratakan sabun dengan menggosokkan pada kedua telapak tangan
      2. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari pada kedua tangan
      3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari pada kedua tangan
      4. Gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci
      5. Gosok ibu jari kiri dan kanan dengan diputar dalam genggaman
      6. Usapkan ujung kuku dengan diputar pada telapak tangan
    4. Hindari kontak dengan hewan yang sakit atau produk makanan (daging) yang tercemar;
    5. Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan menggunakan lengan tangan bagian dalam atau tisu, segera buang tisu dan segera cuci tangan;
    6. Disarankan selalu menggunakan masker selama perjalanan bagi yang sedang demam dan batuk;
    7. Konsumsi suplemen makanan jika diperlukan;
  4. Saat beraktivitas di dalam dan di luar rumah
    1. Mengutamakan beraktivitas di lingkungan rumah, hindari kerumunan, dan membatasi kontak dengan orang lain jika tidak diperlukan;
    2. Menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara online;
    3. Hindari kontak jarak dekat (min. 1 sampai 2 meter) dengan penderita demam dan batuk;
    4. Menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta memegang instalasi publik (eseha gagang pintu, perangkat digital, pegangan tangga, dll);
    5. Cuci tangan dengan air dan sabun dan bilas sedikitnya 30 detik dengan 6 langkah seperti diuraikan sebelumnya. Cuci dengan air dan keringkan dengan tisu, atau jika tidak ada, gunakan hand sanitizer atau esehat minimal 60%;
    6. Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, dengan menggunakan lengan tangan bagian dalam atau tisu, segera buang tisu dan segera cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer;
    7. Membersihkan hidung dengan air dan membiasakan berkumur dan minum air hangat setiap kembali dari luar rumah;
    8. Ketika memiliki gejala gangguan pernafasan seperti demam, batuk dan bersin, gunakan masker dan cari perawatan di fasilitas pelayanan esehatan;
    9. Membuang masker (sekali pakai) setelah kotor dan jangan memakai lebih dari 1 hari;
    10. Memperhatikan kebersihan masker;
    11. Jangan berbagi makanan, peralatan makan dan minum serta handuk dengan orang lain;
    12. Mempraktikkan gaya hidup sehat untuk daya tahan tubuh dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, minum multivitamin bila diperlukan, mandi teratur, dan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun.
  1. Protokol Mahasiswa tinggal di Asrama atau Kost
  1. Mengutamakan beraktivitas di lingkungan kost/asrama, hindari kerumunan, dan membatasi kontak dengan orang lain jika tidak diperlukan;
  2. Menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengikuti aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara online;
  3. Hindari kontak jarak dekat (min. 1 sampai 2 meter) dengan penderita demam dan batuk;
  4. Lakukan kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik (pegangan pintu, pegangan tangan, perangkat digital, pegangan tangga, dll);
  5. Cuci tangan dengan air dan sabun dan bilas sedikitnya 30 detik dengan 6 langkah seperti diuraikan sebelumnya. Cuci dengan air dan keringkan dengan tisu, atau jika tidak ada gunakan hand sanitizer atau esehat minimal 60%;
  6. Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, dengan menggunakan lengan tangan bagian dalam atau tissue, segera buang tisu dan segera cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer;
  7. Ketika anda memiliki gejala pernafasan seperti demam, batuk dan bersin, kenakan masker dan segera mencari perawatan di fasilitas esehatan terdekat (klinik kampus);
  8. Membuang masker setelah kotor dan jangan memakai lebih dari 1 hari;
  9. Membersihkan hidung dengan air dan membiasakan berkumur dan minum air hangat setiap kembali dari luar rumah;
  10. Jangan berbagi makanan dan minuman, peralatan makan dan minum serta handuk;
  11. Mempraktekan gaya hidup sehat untuk daya tahan tubuh dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, minum multivitamin bila diperlukan, mandi teratur, dan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun.

Self-healthy, Social distancing, Care to other, stay praying

FORUM ILMIAH STT JAFFRAY MAKASSAR TAHUN 2019

Kegiatan Seminar & Festival Misi

Januari – Desember 2019

No

Nama Kegiatan

Pembicara

Waktu

Rundown Acara

 1

Seminar Iman Kristen dan dunia Google : Digital Disruption in the age of Google. 

Ang Wie Hay, M.Sc, M.Div

26 Januri 2019

(08.30-12.30)

Seminar

 2

Seminar Misi (Kuliah Umum)

 “Mission and Me”

-

4 Februari2019

(09.30-selesai)

Seminar sebanayak 4 sesi

3

Festival Misi

Disesuaikan

6-8  Mei 2019

-  Ibadah Pembukaan (6 Maret 2019 Pukul 07.30-09.00).  Pembicara : Pdt Robert Sokoy

-  Seminar/workshop misi sesi I ( 6 Maret 2019 Pukul 19.00). Dengan 3 jenis workshop yang dibawakan 3 pembicara ditempat yang berbeda

1.    Bapak Peter dan Sdri Quennsy (Ged A Lantai 2)

2.    Ibu Lora Brake ( Gedung Pascasarjana)

3.    Bapak Yunus Laukapitang (Ged B Ruangan 104)

-  Ibadah bersama malam, pukul 19.00 (6 Maret 2019). Pembicara Bapak Dedi Setyadi

-  Ibadah bersama Pagi (8 Maret 2019). Pembicara; Bapak Peter Kos

-  Seminar/Worlshop Misi sesi II. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan seminar/workshop misi sesi I

-  Apresiasi daerah dan KKR Misi (Ibadah Penutupan). Pembicara Pdt. Dr. Robi Panggara

4

Seminar “Embracing a Biblical Theology of Race (Merangkul Teologi Biblika mengenai Sukuisme”

Dr. Theo Hill

29 Mei 2019

(07.30-09.00)

Seminar (Disesuaikan dengan jam ibadah Chapel)

5

Seminar Ekspositori Kitab Rut (Kuliah Umum)

Ps Sim Kay Tee (ODB Singapura)

24 Agustus 2019

(09.00-13.00)

Seminar

6

Seminar

Pdt. Bob Jokiman

24 September 2019

(07.30-09.00)

Seminar

(Disesuaikan dengan jam ibadah Chapel)

7

Seminar Identitas Gereja Injili

Pdt. Yakub B. Susabda, Ph. D

12 Oktober 2019

Seminar

8

Seminar Pemuda “Love, Sex and Dating’

Pdt. Dr. Noh Ruku

16 November 2019

(08.00-14.00)

Seminar

 

 

Daftar Inventarisasi STT Jaffray Makassar

Periode Tahun Ajaran 2019 - 2020

 

No

Uraian

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Rumah Dosen

20

20

 

2

Asrama Putri 20 Kamar

1

1

 

3

Asrama Putra 32 Kamar

1

1

 

4

Guest House (4 Kamar)

1

1

 

5

Kantor

14

14

 

6

Gedung Serbaguna 2 Lantai

1

1

 

7

Lapangan Bulutangkis

2

2

 

8

Lapangan Olah Raga (basket,futsal,takraw)

1

1

 

9

Ruangan Dosen

9

9

 

10

Ruang Kelas

25

25

 

11

Kendaraan Roda Empat

3

3

 

12

Kendaraan Roda Dua

2

2

 

13

Laboratorium

3

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kendaraan

No

Uraian

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Mobil Toyota Innova DD 1310 XV

1

V

 

2

Mobil Suzuki APV DD 1054 IF

1

V

 

3

Sepeda Motor DD 5008 QQ

1

V

 

4

Mobil Daihatsu Grand Max DD XXXXX

1

V

 

5

Motor Yamaha Freego DD XXXXXXX

1

V

 

 

Kantor dan Ruang Kelas

Ruangan Ketua

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

2

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

3

V

 

4

Lemari/Rak Buku

1

V

 

5

Komputer PC

1

V

 

6

Printer

1

V

 

7

Kursi Tamu

1 Set + 2

V

 

8

Meja Lain (Tamu)

1

V

 

9

AC + Remot

1

V

 

10

Kabel Stekker

1

V

 

11

Balon lampu

1

V

 

12

Keranjang Sampah

1

V

 

13

I Phone

1

V

 

14

Kulkas

1

V

 

15

Jam Dinding

1

V

 

16

Bunga Meja

1

V

 

17

Lemari Besi

1

V

 

 

 

Ruangan Wakil Ketua I

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

1

V

 

4

Lemari/Rak Buku

1

V

 

5

Komputer PC

1

 

1

6

Kursi Tamu

3

V

 

7

AC + Remot

1

V

 

8

Monitor Komputer

1

V

 

9

Mesin Tax

1

V

1

10

LCD

1

V

 

11

Kabel Stekker

1

V

 

12

Balon lampu

1

V

 

13

Keranjang Sampah

1

V

 

 

Ruangan Wakil Ketua II

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

1

V

 

4

Printer

1

V

 

5

Kursi Tamu

2

V

 

6

AC + Remot

1

V

 

7

Balon lampu

1

V

 

8

Keranjang Sampah

1

V

 

9

White Board

1

V

 

 

Ruangan Wakil Ketua III

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Kursi Kerja

1

V

 

3

Lemari/Rak Buku

2

V

 

4

Kursi Tamu

2

V

 

5

AC + Remot

2

1

1

6

Balon lampu

1

V

 

7

Keranjang Sampah

1

V

 

8

I Phone

1

V

 

9

Bunga Meja

1

V

 

10

Gorden

1

V

 

 

Ruang Administrasi Umum

No

Nama Barang

 

Keadaan

AU

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

2

V

 

2

Meja Komputer

2

V

 

3

Kursi Kerja

2

V

 

4

Lemari/Rak Buku

2

V

 

5

Komputer PC

2

V

 

6

Printer

3

V

1

7

Kursi Tamu

2

V

 

8

AC + Remot

1

V

 

9

Keranjang Sampah

2

V

 

10

Bunga Meja

1

V

 

11

ATK

2

V

 

12

Tempat Tissue

1

V

 

13

Mesin Penghancur Kertas

1

V

 

 

Ruang Administrasi Keuangan

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

3

V

 

2

Kursi Kerja

3

V

 

3

Komputer PC

4

V

 

4

Printer

3

V

 

5

AC + Remot

2

1

1

6

Telepon

2

V

 

7

Fax

1

V

 

8

Meja Fax

1

V

 

9

Keranjang Sampah

1

V

 

10

Jam Dinding

1

V

 

11

Bunga Meja

3

V

 

12

ATK

1

V

 

13

Tempat Tissue

1

V

 

14

Payung

3

V

 

15

Alkitab

6

V

 

16

NKI

20

V

 

17

HP Sekolah

2

V

 

18

Speaker Aktiv

1

V

 

 

Ruang Administrasi Akademik

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

3

V

 

2

Meja Komputer

3

V

 

3

Kursi Kerja

2

V

 

4

Lemari/Rak Buku

5

V

 

5

Komputer PC

3

V

 

6

Printer

4

3

1

7

AC + Remot

1

V

 

8

Laptop

2

V

 

9

LCD

6

5

1

10

Kabel Stekker

2

V

 

11

UPS

2

V

 

12

Keranjang Sampah

2

V

 

13

ATK

2

V

 

 

Ruang Penjaminan Mutu Internal

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

2

V

 

2

Kursi Kerja

2

V

 

3

Lemari/Rak Buku

3

V

 

4

Komputer PC

2

V

 

5

Printer

1

V

 

6

Kursi Tamu

2

V

 

 

Ruang Kantor JRC

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

3

V

 

 

 

Ruang Penerbitan

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

3

V

 

2

Meja Komputer

3

V

 

3

Kursi Kerja

3

V

 

4

Lemari/Rak Buku

2

V

 

5

Komputer PC

2

V

 

6

Printer

2

 

V

9

AC + Remot

1

V

 

19

Mesin Fotocopy

1

V

 

20

LCD

2

1

1

23

Handycam

2

1

1

24

Stand Kamera

1

V

 

25

Kamera

1

V

 

35

ATK

1

V

 

 

Perpustakaan

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

6

V

 

4

Lemari/Rak Buku

27

V

 

5

Komputer PC

4

V

 

6

Printer

1

V

 

7

AC + Remot

1

V

 

8

Kipas Angin Gantung

1

V

 

9

Meja Panjang

1

V

 

10

Meja Printer

1

V

 

11

Telepon

1

V

 

12

UPS

1

V

 

13

ATK

1

V

 

14

Peta Bingkai

1

V

 

15

Speaker Kecil

1

V

 

16

Rak Surat Kabar

1

V

 

17

Rak Majalah

4

V

 

18

Rak Katalog

1

V

 

19

Rak Audio Visual

1

V

 

20

Rak Display

1

V

 

21

R. Penitipan Barang

2

V

 

22

Meja Baca

24

V

 

23

Meja Sirkulasi

2

V

 

24

Kursi Baca

97

V

 

25

AC

7

V

 

26

CCTV

1

V

 

27

Loker

1

V

 

 

Kepala Perpustakaan

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

1

V

 

4

Lemari/Rak Buku

1

V

 

5

Komputer PC

1

V

 

6

Printer

1

V

 

7

Kursi Tamu

4

V

 

8

AC + Remot

1

V

 

9

Kipas Angin Gantung

1

V

 

10

Meja Panjang

1

V

 

11

Meja Printer

1

V

 

12

Telepon

1

V

 

13

UPS

1

V

 

14

ATK

1

V

 

15

Peta Bingkai

1

V

 

16

Speaker Kecil

1

V

 

 

Ruangan Laboratorium

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

26

V

 

3

Kursi Kerja

28

V

 

4

Lemari/Rak Buku

1

V

 

5

Komputer PC

24

17

7

6

Printer

3

2

1

7

AC + Remot

3

V

 

8

Laptop

1

?

 

9

Balon lampu

6

V

 

10

Jam Dinding

1

V

 

11

Lemari Besi

1

V

 

12

Gorden

V

V

 

 

Ruangan Rohaniawan I

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Kursi Kerja

1

V

 

3

Lemari/Rak Buku

1

V

 

4

Kursi Tamu

1

V

 

 

Ruangan Rohaniawan II

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

3

Kursi Kerja

1

V

 

4

Lemari/Rak Buku

1

 

V

5

Kursi Tamu

1

V

 

 

Ruangan Rohaniawan III

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

1

V

 

2

Meja Komputer

1

V

 

3

Kursi Kerja

2

V

 

4

Lemari/Rak Buku

2

V

 

 

Kantor Pascasarjana

No

Nama Barang

 

Keadaan

Pasca

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

2

V

 

2

Meja Komputer

2

V

 

3

Kursi Kerja

2

V

 

4

Lemari/Rak Buku

6

V

 

5

Komputer PC

2

V

 

6

Printer

3

2

1

7

Kursi Tamu

2

V

 

8

AC + Remot

1

V

 

9

Fax

1

 

V

10

LCD

2

 

V

11

Jam Dinding

1

V

 

12

Speaker Aktiv

1

V

 

13

Televisi

1

V

 

 

Ruangan Direktur Pascasarjana

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Kerja

2

V

 

2

Kursi Kerja

1

V

 

3

Lemari/Rak Buku

2

V

 

4

Kursi Tamu

1 Set

V

 

5

Meja Lain (Tamu)

1

V

 

6

AC + Remot

1

V

 

 

Ruangan Kelas 101

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Papan Tulis Kaca

1

V

 

4

Kursi Kayu Dosen

1

V

 

5

Kursi Kuliah

60

46

14

6

Balon Lampu Neon

6

V

 

7

Kipas Angin

3

V

 

8

Jam Dinding

1

V

 

9

Mimbar Meja

1

V

 

10

Penghapus Papan Tulis

2

V

 

11

Stop Kontak Roll

1

V

 

 

Ruang Kelas 102

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Papan Tulis Kaca

1

V

 

4

Kursi Kayu Dosen

1

V

 

5

Kursi Kuliah

60

47

13

6

Balon Lampu Neon

6

V

 

7

Kipas Angin

3

V

 

8

Jam Dinding

1

V

 

9

Mimbar Meja

1

V

 

10

Penghapus Papan Tulis

1

V

 

11

Stop Kontak Roll

1

V

 

 

Ruang Kelas 103

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

 

 

2

Kursi Dosen

1

 

 

3

Papan Tulis Kaca

1

 

 

4

Kursi Kayu Dosen

1

 

 

5

Kursi Kuliah

52

48

4

6

Balon Lampu Neon

3

 

 

7

Kipas Angin

2

8

Jam Dinding

1

 

 

9

Penghapus Papan Tulis

1

 

 

10

Stop Kontak Roll

2

 

 

11

LCD Hitachi

1

 

 

 

Ruang Kelas 104

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

 

 

2

Kursi Dosen

1

 

 

3

Papan Tulis Kaca

1

 

 

4

Kursi Kayu Dosen

1

 

 

5

Kursi Kuliah

34

28

6

6

Balon Lampu Neon

4

 

 

7

Kipas Angin

2

 

 

8

Jam Dinding

1

 

 

10

Penghapus Papan Tulis

1

 

 

 

 

Ruang Tunggu Lt. 1 Ged. B

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Papan Pengumuman

3

V

 

2

Kursi Panjang

5

V

 

3

Tempat Sampah Besar

1

V

 

4

Mesin Air

1

V

 

5

Balon lampu

8

V

 

6

Piano

2

V

 

7

Tabung Pemadam Api

1

 

V

 

Ruang Kelas 203

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Papan Tulis Kaca

1

V

 

4

Kursi Kayu Dosen

1

V

 

5

Kursi Kuliah

25

V

 

6

Balon Lampu Neon

6

V

 

7

Kipas Angin

2

V

 

8

Jam Dinding

1

V

 

9

Stop Kontak Roll

1

V

 

10

LCD Infocus

1

V

 

 

Lorong Gedung B lt. 2

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

3

V

 

2

Papan Pengumuman

1

V

 

3

Tempat Sampah Besar

1

V

 

 

 

 

Ruang Kelas Musik Opus

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Kursi Kayu Dosen

1

V

 

2

Kursi Kuliah

1

V

 

3

Balon Lampu Neon

1

V

 

4

Kipas Angin

1

V

 

5

Kursi Piano

1

V

 

6

Piano

1

V

 

7

Kain Gorden

2

V

 

 

Ruang Kelas Musik Angklung

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

1

V

 

2

Kipas Angin

1

V

 

3

Kursi Piano

1

V

 

4

Piano

1

V

 

5

Kain Gorden

1

V

 

 

Ruang Kelas Musik Piano

No

Nama Barang

Jumlah

Keadaan

Baik

Rusak

1

Kursi Dosen

1

V

 

2

Kursi Kuliah

1

V

 

3

Balon Lampu Neon

1

V

 

4

Kipas Angin

1

V

 

5

Kursi Piano

1

V

 

6

Piano

1

V

 

7

Kain Gorden

1

V

 

 

Ruang Kelas Musik Vocal B

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Kursi Kuliah

1

V

 

2

Balon Lampu Neon

1

V

 

3

Kipas Angin

1

V

 

4

Kursi Piano

1

V

 

5

Piano

1

V

 

6

Kain Gorden

1

V

 

 

Ruang Kelas Musik Clavinova I

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

1

V

 

2

Kipas Angin

1

V

 

3

Piano

1

V

 

 

Ruang Kelas Musik Clavinova II

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Kursi Kuliah

2

V

 

2

Balon Lampu Neon

1

V

 

3

Kipas Angin

2

V

 

4

Kursi Piano

1

V

 

5

Piano

1

V

 

6

Kain Gorden

2

V

 

 

Ruangan Kelas Musik Clavinova III

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Kursi Kuliah

4

V

 

2

Balon Lampu Neon

1

V

 

3

Kipas Angin

1

V

 

4

Kursi Piano

1

V

 

5

Piano

1

V

 

 

Ruangan Kelas Musik Recital

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Kipas Angin

1

V

 

2

Kursi Kayu

1

V

 

3

Kursi Piano

1

V

 

4

Piano

1

V

 

5

Kain Gorden

1

V

 

 

Ruangan Kelas Musik Conducting

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Papan Tulis

1

V

 

4

Balon Lampu Neon

2

V

 

5

Kipas Angin

1

 

1

6

Kursi Chitos

5

V

 

7

Kursi Kayu

10

9

1

8

Kursi Piano

1

V

 

9

Piano

1

V

 

 

Ruang Kelas Musik Paduan Suara

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Balon Lampu Neon

6

V

 

4

Kipas Angin

2

1

1

5

Penghapus Papan Tulis

2

V

 

6

Stop Kontak Roll

1

V

 

7

LCD Hitachi

1

V

 

8

Kursi Kayu

57

V

 

9

Piano

2

1

1

10

Papan Tulis Besar

1

V

 

11

Papan Tulis Kecil

1

V

 

12

Cermin

1

V

 

13

Mimbar Besi

1

V

 

14

Alat Musik Angklung

3

V

 

 

 

 

 

Ruang Kelas 306

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

4

V

 

2

Kipas Angin

1

V

 

3

Kursi Kayu

8

V

 

4

Kain Gorden

4

V

 

 

Ruang Kelas 307

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

 

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Balon Lampu Neon

4

V

 

3

Kipas Angin

1

V

 

4

Kursi Chitos

1

V

 

5

Kursi Kayu

14

V

 

6

Kain Gorden

4

V

 

7

Papan Tulis Putih

1

V

 

 

Ruang 308

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Balon Lampu Neon

8

V

 

4

Kipas Angin

1

V

 

5

Lemari Buku Rak Besar

1

V

 

 

 

Lorong Gedung B lt. III

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

7

V

 

2

Papan Pengumuman

1

V

 

3

Tempat Sampah Besar

1

V

 

4

Piano

1

 

V

 

 

 

Ruang Kelas 301 (Studio)

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

1

V

 

2

Kipas Angin

1

V

 

3

Kursi Piano

1

V

 

4

Alat Band (set)

1

V

 

5

Keyboard

3

V

 

6

Lemari Besi

1

V

 

7

Lemari Kayu

2

V

 

8

Mimbar Kecil

1

V

 

 

Ruang Kelas 301 (Gitar)

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Balon Lampu Neon

2

V

 

2

Kipas Angin

1

V

 

3

Kursi Chitos

15

V

 

4

Mimbar Besi

7

V

 

5

Kursi Keyboard

1

V

 

6

Gitar

12

V

 

7

Tempat Gitar

10

V

 

8

Kursi Plastik

5

V

 

 

Ruang Kelas 301 (Gita Choir)

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Kipas Angin

1

V

 

2

Balon lampu

1

V

 

3

Piano

1

 

V

4

Kursi Chitos

2

V

 

5

Kursi Kayu

5

V

 

6

Kain Gorden

2

V

 

7

Monitor

1

 

V

8

Printer

2

V

 

 

 

Ruang Vocal A

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Kursi Dosen

1

V

 

3

Kursi Kayu Dosen

1

V

 

4

Balon Lampu Neon

2

V

 

5

Kipas Angin

1

V

 

6

Jam Dinding

1

V

 

7

Kursi Chitos

1

V

 

8

Kursi Kayu

11

V

 

9

Kursi Piano

2

V

 

10

Piano

2

V

 

11

Kain Gorden

2

V

 

12

Papan Tulis Kaki

1

V

 

 

Ruang Kelas Doktoral

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Kuliah

16

V

 

2

Kursi Kuliah

17

V

 

3

Meja Dosen

1

V

 

4

AC (LG)

1

V

 

5

Balon Lampu

4

V

 

6

Kipas Angin

1

V

 

7

LCD

1

V

 

8

Papan Tulis Kaca

1

V

 

9

Gorden

1

V

 

10

Dispenser

1

V

 

11

Galon

1

V

 

 

 

 

 

Ruang Kelas Pascasarjana I

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Meja Biasa

1

V

 

3

Kursi Dosen

1

V

 

4

Kursi Belajar

35

V

 

5

AC

4

V

 

6

Spiker Aktif

1

 

 

 

Ruang Kelas Pascasarjana II

No

Nama Barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

1

Meja Dosen

1

V

 

2

Papan Tulis Kaca

1

V

 

3

Pajangan Visi, Misi

1

V

 

4

Kipas Angin

1

V

 

5

Balon Lampu

4

V

 

6

Kabel Terminal

1

V

 

7

AC + Remot (Sharp)

1

V

 

8

Gorden

6

V

 

9

Kursi Dosen

1

V

 

10

Kursi Belajar

38

V

 

11

Penghapus Papan Tulis

1

V

 

 

Ruangan Kapel Lt. III Ged. A

No

Nama barang

Jumlah

Kondisi

Baik

Kurang Baik

Rusak

1

Mimbar

2

2

 

 

2

Alkitab

3

3

 

 

3

Buku NKI

7

2

2

3

4

Tanggu Persembahan

4

4

 

 

5

Nampan Perjamuan

10

6

4

 

6

Piring Perjamuan

5

5

 

 

7

Sloki Perjamuan

588

576

12

 

8

Stola Perjamuan

12

12

 

 

9

Mangkok Coklat

12

12

 

 

10

Keranjang Kecil

14

14

 

 

11

Gelas

5

5

 

 

12

Mok Plastik

5

5

 

 

13

Sendok

2

2

 

 

14

Pisau

1

1

 

 

15

Kursi Hitam

420

417

 

3

16

Kursi Merah

28

28

 

 

17

AC

11

10

1

 

18

Kipas

9

4

3

2

19

Bingkai Foto

6

5

1

 

20

Keranjang Bunga Besar

2

2

 

 

21

Cermin

2

1

1

 

22

Tempat Sampah

4

2

2

 

23

Ember

7

4

3

 

24

Gayung

5

3

2

 

25

Alat Pel

3

3

 

 

26

Kain Pel

2

2

 

 

27

Sikat Lantai

5

5

 

 

28

Serokan

2

2

 

 

29

Sapu Ijuk

3

2

1

 

30

Sapu Panjang

3

1

 

2

31

Level Arc File

3

3

 

 

32

Map

8

1

7

 

33

Baki

1

1

 

 

34

Stand Lagu

1

1

 

 

35

Lampu Panjang

17

16

 

1

36

Lampu Bulat

9

9

 

 

37

Keset Kaki

8

8

 

 

38

Lampu Sorot

3

3

 

 

39

Wifi

1

1

 

 

40

Horden Coklat

10

10

 

 

41

Horden Putih

10

10

 

 

42

Jam Dinding

1

1

 

 

43

Pot Bunga

8

6

2

 

44

Horden Biru

8

8

 

 

45

Lemari

4

2

2

 

46

Meja

6

4

2

 

47

Finger Print

2

2

 

 

48

Bantal

1

1

 

 

49

Kain Bali

2

2

 

 

50

Kemoceng

2

 

2

 

51

Komputer (Monitor)

2

2

 

 

52

CPU

3

1

1

1

53

Printer

2

1

 

1

54

Keyboard

2

1

 

1

55

Mouse

1

1

 

 

56

Laptop

1

 

1

 

57

LCD + Kabel Power

2

1

1

 

58

Kabel HDMI

5

4

1

 

59

Kabel VGA

4

2

1

1

60

Spinter HDMI

1

1

 

 

61

Kabel Terminal

7

6

1

 

62

Layar Tancap

1

1

 

 

63

Lampu Belajar

2

2

 

 

64

Converter HDMI-VGA

1

1

 

 

65

Penyedot Debu

1

1

 

 

66

Mick Werles

6

2

 

4

67

Mick Kabel

7

6

 

1

68

Gitar Bass

2

1

 

1

69

Gitar

2

1

 

1

70

Piano

1

1

 

 

71

Speaker

4

2

 

2

72

Speaker Monitor

4

4

 

 

73

Drum

1 Pasang

1

 

 

74

Dibox

7

1

 

6

75

Kabel Jek

10

10

 

 

76

Kabel Monitor

15

13

 

2

77

Stand Mick

3

2

 

1

78

Stand Book

1

 

 

 

79

Speaker Besar

2 Pasang

2 Pasang

 

 

 

Thursday, 19 December 2019 21:44

Sambutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Syalom Bapak/Ibu/saudara kekasih Tuhan,

Tanpa terasa kita sudah ada di penghujung tahun 2019. Tema Perayaan Natal GKII tahun ini adalah Ia datang kepada milik kepunyaanNya (Yohanes 1:11) dan tema Natal PGI ialah Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang (Yohanes 15:14-15) Betapa pentingnya arti kata dalam tema ini. Mencerminkan kebersamaan Allah dengan umatNya. Menimbulkan rasa aman karena selalu bersamaNya. Membangun keakraban karena Allah tidak jauh dari kita. Membuat kita merasa tenteram karena semua persoalan pasti ada jalan keluarnya. Dan yang pasti, kita yakin bahwa pertolonganNya tidak pernah terlambat.

Dalam mayarakat  Yahudi di abad pertama di mana guru agama dipandang sebagai aristokrasi, dan kelompok elit, Yesus malah tampil sebagai non elit. Yesus tidak berbicara bahwa Ia sama seperti penguasa Romawi, bangsawan Herodian, atau aristokrasi para imam. Berlawanan dengan tradisi Yahudi dan budaya Timur tengah, Yesus lebih suka menjadi partner/sahabat bersama dengan mereka yang mengikut Dia.

Orang Farisi memiliki mental kami dan mereka. Konsep kesucian mereka membuat mereka menjadi tinggi hati dan mengucilkan mereka yang tidak dapat mengikuti standar kesucian. Yesus malah menyambut semua orang yang dikucilkan, dan orang berdosa ke dalam kerajaan Allah dan berbicara dengan mereka megenai kehidupan pengalaman konkrit mereka bersama Allah dan sesama.

Kaum elit memandang orang lain dan nilai/aturan mereka berdasarkan sudut pandang. Mereka menjaga hubungan mereka dengan tanda sunat, memberi batasan antara yang umat yang terpilih dan orang yang terbuang. Namun Yesus mengajarkan bahwa talenta harus dilipatgandakan dan mereka yang hilang harus diselamatkan, domba yang hilang harus dicari, bahwa pekerja yang bekerja satu jam dibayar sama dengan yang bekerja sepanjang hari. Orang miskin diberi makan dan orang kaya dibiarkan pergi dengan tangan kosong/hampa. Inilah Kabar baik di era milenial ini.

Dalam hubungan partner/sahabat menurut Yesus ini, status tidak penting, dan persaingan adalah pola kehidupan orang fasik. Panggilan Yesus dalam kesetaraan dalam pemuridan bukan didasarkan pada hanya terdiri dari kelompok karunia yang sama, melainkan saling berkomitmen untuk melaksanakan amanat agung. Yesus bukan elit.Dia menolak nilai budaya yang mempertahankan dan menjaga hak istimewa. Dalam komunitas pemuridanNya, orang-orang yang dikucilkan, ditolak, diremehkan, mengalami pembebasan, penyembuhan, dan saling menghargai satu dengan yang lain.

Orang Farisi, sebagai rabi atas umat, menikmati status mereka yang terhormat dan kekuasaannya yang besar. Keyakinan mereka tentang kesucian membuat mereka mengucilkan mereka yang tidak mampu memenuhi tuntutan hukum taurat (berdasarkan penafsiran mereka). Memisahkan diri mereka dari orang yang dipandang berdosa untuk menjaga posisi mereka sebagai orang kudus dan memampukan mereka untuk bersaing dengan kelompok elit di atas mereka yaitu orang Saduki.

Yesus adalah guru yang dikagumi, mengerjakan banyak mujisat. Orang banyak selalu berkumpul untuk mendengar Dia dan mengalami kesembuhan dengan menjamahNya. Hal ini sangat menggoda untuk menjadi mabuk dengan ketenaran dan kekuasaan. Namun Yesus menolak itu semua. Dia lebih memilih jalan yang sulit.

Hidup dalam komunitas yang ditunjukkan oleh Yesus berarti bahwa guru dan murid dapat saling belajar satu dengan yang lain. Pada suatu saat nanti raja-raja akan direndahkan dan budak serta anak-anak akan ditinggikan. Ini menunjukkan dalam komunitas murid Kristus hak istimewa setiap murid ialah saling menghormati satu dengan yang lain sebagai saudara atau sahabat. Yesus menyatakan diriNya bukan sebagai Elit tetapi sebagai Partner/sahabat yaitu Imanuel (Allah beserta kita) yaitu memberi dan membagi diriNya yang ilahi itu bersama dengan manusia. Sebagai partner/sahabat Yesus menjadi model untuk setiap orang yang dipanggil untuk melayani orang lain mengenapi amanat Agung Yesus Kristus.

Dalam waktu yang tinggal beberapa hari saja menjelang Tahun Baru 2020, marilah kita rebut kesempatan untuk melakukan sesuatu yang bernilai kekal. Mari kita datang kepada Tuhan dan membangun kebersamaan denganNya (karena Allah rindu menyelamatkan kita dan memiliki hubungan yang manis dengan kita). Mari kita ciptakan kebersamaan dengan keluarga (karena mereka sudah lama menunggu perhatian kita). Mari kita jalin kebersamaan yang mendalam dengan teman-2 dan sahabat kita (karena mereka membutuhkan kasih Tuhan melalui kita). Mari kita rentangkan jembatan kebersamaan dengan orang-2 di sekitar kita (karena selama ini mereka terabaikan). Mari kita pertajam kepekaan terhadap kebutuhan kebersamaan dari komunitas di sekitar kita yang membutuhkan kasih Allah dan jawaban dari setiap persoalan mereka, karena dunia ini sedang kesepian di tengah keramaian dan sedang mengalami kematian di tengah kehidupan. Selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Demikian kata sambutan dari saya,bila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Salam hangat kekeluargaan,Tuhan YESUS Memberkati

 

Menindaklanjuti hasil penilaian kinerja Penelitian Perguruan Tinggi periode tahun 2016 – 2018 dan berdasarkan surat keputusan Dirjen Penguatan Risbang nomor B/5678/E1.2/H.M.00.03/2019 tanggal 13 November 2019 tentang Klaster atau pengelompokkan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016 – 2018, dengan hormat disampaikan hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Penelitian periode tahun 2016 – 2018 yang masuk pada klaster Mandiri, Utama, Madya, dan Binaan. Kami mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang telah melaporkan data kinerja Penelitian. Semoga bagi Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan predikat tertinggi selalu berupaya untuk dapat mempertahankannya, dan Perguruan Tinggi yang masih belum mendapatkan kinerja tertinggi terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya. Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih. 

Demikian cuplikan surat edaran Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan nomor B/850/E2.4/RS.04/2019 tentang Peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Penelitian. Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray menduduki peringkat 338. Untuk Sekolah Tinggi Filsafat Teologi menempatkan STT Jaffray sebagai pioner dalam kinerja penelitian. STT Jaffray mengalami peningkatan kluster dari binaan menjadi Madya. Di LLDIKTI IX STT Jaffray masuk 10 besar di  kelompok Kluster dan untuk Sekolah Tinggi masuk urutan 4. Patut disyukuri segala kerja keras dan pertolongan Tuhan.

Terima kasih kepada Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Prof. Ocky Karna Radjasa yang telah memberikan apresiasi kepada Perguruan Tinggi. Terima kasih kepada prof. Dr.  Jasruddin, M.Si. dan stafnya atas dukungannya. Terima kasih untuk unsur pimpinan dan staf karyawan serta keluarga besar STT Jaffray Makassar untuk doa dan dukungan.

 

 

 Shalom Sahabat Jaffray
 
Perpustakaan STT Jaffray akan mengadakan kegiatan rutin setiap tahun yaitu HARI CINTA BUKU yang ke 2 tahun 2019. Tepatnya pada tanggal 18 April 2019. Selain itu perpustakaan STT Jaffray sudah terdaftar di Perpustakaan Nasional RI dan terindeks di Onesearch.id yang dapat diakses di http://onesearch.id/Repositories/Widget?library_id=393 Kiranya Sahabat Jaffray dapat berkunjung dan menikmati bahan liteartue sebagai sumber literatur. Ingat Moto Perpus STT Jaffray " Hari ini membaca di masa depan menjadi Pemimpin."
Saturday, 26 January 2019 11:13

Seminar Iman Kristen dan Dunia Google

Hari ini tanggal 26 Januari 2019 diadakan Seminar Iman Kristen dan dunia Google dengan tema: Digital Disruption in the age of Google. Perkembangan IT dengan pesat memberikan pengaruh kepada pemuda dan remaja. Industri IT ingin menggabungkan IT dengan manusia. Manusia dengan mudah mengakses IT dan mempermudah segala sesuatu dengan IT sehingga menjadikan IT sebagai agama baru atau berhala baru dimana di masa lalu berhala itu dalam bentuk patung-patung berhala, dan saat ini kemajuan IT atau literasi digital. Oleh karena itu lembaga keluarga adalah tempat untuk membentuk karakter rohani karena di dunia mengajarkan lebih banyak menolak Tuhan. Dunia digital lebih banyak kerugian bila tidak ada kuasa firman Tuhan.

 

Monday, 07 January 2019 12:40

Renungan Tahun Baru 2019

Salam sejahtera,

Pada kesempatan ini atas nama segenap sivitas akademik Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Jaffray, saya mengucapkan selamat tahun baru kepada seluruh alumni, gereja pendukung, para mitra, para sponsor, para sahabat, dan orang tua para mahasiswa di mana pun berada.

Bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas kasih setia-Nya yang tidak pernah habis dalam hidup kita untuk menjaga dan memelihara kita.  Ada berbagai pengalaman yang Tuhan ijinkan bagi kita mengalaminya, susah dan senang, duka dan suka, menangis dan tertawa, kerugian dan keuntungan, sakit dan sehat, namun kuasa Tuhan nyata dalam hidup kita untuk menuntun kita melangkah dengan pasti melewati tahun 2018 dan sekarang berada di awal tahun 2019.

Memulai tahun 2019, saya ingin segenap sivitas akademik dan stakeholder STF Jaffray melangkah maju dalam melaksanakan segala tanggung jawab dengan terfokus kepada Salib Yesus Kristus.

Dalam 1 Korintus 1:18-21, Paulus berkata,

18  Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

19  Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan."

20  Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan?

21  Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil.

 

Pemberitaan salib adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, karena mereka melihat dan memahaminya dari perspektif yang berbeda.  Orang Yahudi dan orang Yunani seolah-olah mengejek konsep tentang Juruselamat yang tersalib.  Mereka berpendapat bahwa penyaliban Yesus membuktikan bahwa Yesus bukanlah ilahi.

Pada masa itu, salib adalah tempat hukuman bagi orang yang melakukan kejahatan kelas kakap atau penjahat.  Orang Yahudi menganggap bahwa penyaliban mengindikasi kematian karena kutukan Allah.  Setelah penjahat divonis hukuman mati, ia diharuskan memikul sendiri balok salibnya ke tempat penyiksaan dan kematiannya, yang biasanya di luar kota.  Di depannya berjalan seorang petugas membawa "gelarnya", yakni tuduhan tertulis yang dituduhkan kepadanya.  Penyaliban adalah kematian yang mengenaskan karena disiksa hingga mati.  Tangan dipaku dan lambung ditombak.  Itulah sebabnya Paulus berkata bahwa salib adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa (ay. 18),

Bagi orang percaya, salib adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan, karena melalui salib, kuasa penyelamatan Allah dinyatakan di dalam Yesus Kristus (ay. 18).  Salib bukan kutukan tetapi bukti penyataan Allah tentang kasih dan anugerah-Nya.  Dengan mengutip Yes. 29:14 dalam ay. 19, “Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan,”membuktikan bahwa:

  • Allah tidak membutuhkan hikmat manusia sebagai berita keselamatan
  • Allah tidak membutuhkan orang berhikmat untuk menyelamatkan manusia.
  • Allah tidak membutuhkan kearifan manusia sebagai berita keselamatan.
  • Allah tidak membutuhkan orang arif untuk menyelamatkan manusia.

Semua itu akan dimusnahkan oleh Allah.  Itu sebabnya, Paulus bertanya kepada jemaat di Korintus, “Di manakah orang yang berhikmat?  Di manakah ahli Taurat?  Di manakah pembantah dari dunia ini?  Bukanlah Allah telah membuat hikmat dunia menjadi kebodohan?” (ay. 20).  Tiga kelompok orang menjadi sasaran pertanyaan retorika yang disampaikan Allah dalam kitab Yesaya yang dikutip oleh Paulus untuk menunjukkan betapa tidak mungkin para filsuf, para pengajar/ahli Taurat, dan para pembantah dapat menyelamatkan manusia dengan diri dan ajaran mereka.  Ini menunjukkan bahwa upaya untuk mengenal Allah tanpa didasarkan pada Yesus Kristus adalah sia-sia.

Orang-orang Yahudi berupaya untuk mengenal Allah dengan melaksanakan Taurat.  Orang-orang Yunani memiliki orang-orang bijaksana yang suka berdebat dan berdiskusi pertanyaan-pertanyaan filosofis dan keagamaan.  Namun setiap usaha untuk menemukan Allah, untuk memahamiNya, jika tanpa penyataan Allah didalam Yesus Kristus sebagai Tuhan yang disalibkan, hal tersebut tidak lebih daripada "hikmat dunia" yang dikatakan Allah sebagai kebodohan.  Dalam ayat 21 Paulus menyimpulkan bahwa berdasarkan penilaian Allah, hikmat dunia tidak mengenal Allah yang benar dengan hikmatnya (ay. 21).  Dunia tidak dapat mengenal Allah oleh hikmatnya sendiri.  Sebaliknya, mereka yang dianggap bodoh karena memerima pemberitaan Injil yang isinya adalah salib Kristus adalah mereka yang diselamatkan (ay. 21).  Hikmat Allah bagi dunia adalah Allah menyelamatkan mereka yang percaya apa yang dikatakan Allah tentang Anak-Nya, Yesus Kristus.

Beberapa penekanan penting yang menjadi perhatian dari perkataan Paulus adalah:

  1. Jika hikmat tanpa salib, maka fokus dalam penyembahan bukanlah Yesus, tetapi manusia. Dalam persekutuan orang percaya, bukan manusia yang menjadi fokus penyembahan; bukan kepintaran manusia yang menjadi fokus ibadah. Beribadah dan melayani dengan terfokus pada manusia dan hikmatnya, maka tidak akan ada kesatuan, dan akan terjadi perselisihan dan perpecahan. Jika keselamatan berasal dari hikmat manusia, maka di situlah sumber kesombongan dan Allah yang hanya untuk orang-orang elit dan orang-orang yang berjasa.  Inilah yang akan menjadi sumber perpecahan dalam jemaat.
  2. Jika hikmat tanpa salib, maka yang akan terjadai adalah pembenaran akan dosa tanpa pembenaran orang berdosa. Kita sadar akan perbuatan dosa. Kita berkeinginan untuk tidak melakukan dosa, tetapi kita sendiri tidak mau berubah.  Kita tidak menyalahkan diri kita yang melakukan dosa, tetapi kita menyalahkan dosa yang telah kita lakukan.  Kita ingin Tuhan membebaskan kita dari dosa, tetapi kita sendiri tidak memiliki konsistensi untuk tidak hidup dalam dosa.  Ketika kita melakukan dosa, maka kita melemparkan kesalahan kepada Iblis atau Tuhan dan berdalih menggunakan firman Tuhan.  Inilah yang menjadi sumber ketidakkonsistensi untuk hidup dalam kesucian.
  3. Apabila hikmat tanpa salib, maka yang terjadi adalah pengampunan tanpa pertobatan. Ada orang Kristen yang peka terhadap dosa yang dilakukannya, dan cepat-cepat mohon ampun, tetapi tidak ada perubahan dalam hidup. Hanya sebatas mohon pengampunan, tetapi tidak ada tindak lanjut, yaitu pertobatan.  Orang yang demikian adalah orang rajin ikut KKR dan rajin berespon kalau altar call, tetapi hanya sampai di altar call.  Orang demikian selalu berespon pada altar call dengan tangisan dan air mata, tetapi hanya sebatas tangisan dan air mata.  Orang yang demikian selalu punya keinginan untuk selalu didoakan, tetapi tidak ada kemandirian untuk bertobat.  Orang demikian, selalu cari hamba Tuhan untuk didoakan, tetapi malas untuk bangkit.  Inilah yang menjadi sumber kemalasan untuk bangkit dari kegagalan.
  4. Apabila hikmat tanpa salib, maka yang terjadi adalah berjemaat tanpa disiplin gereja yang jelas. Dalam gereja dan perekutuan orang percaya diajarkan tentang kesucian, kekudusan, dan ketaatan, tetapi jika ada dosa yang dilakukan oleh jemaat, maka yang terjadi adalah pembiaran tanpa ada disiplin gereja. Gembala dan BPJ tahu bahwa ada anggota gereja yang telah melanggar disiplin gereja, tetapi semuanya hanya diam dan saling melihat satu dengan yang lain, tanpa ada penyelesaian.  Inilah yang menjadi sumber ketidakkonsistensi pengajaran dalam jemaat.

Jika pembenaran dosa tanpa pembenaran orang berdosa; jika pengampunan tanpa pertobatan; jika berjemaat tanpa disiplin gereja – itulah hikmat tanpa salib – anugerah tanpa salib.  Untuk itu, pada tahun 2019, saya ingin kita melangkah maju bersama terfokus pada salib Kristus, karena di situlah kekuatan Allah dan hikmat Allah dinyatakan kepada manusia di dalam pribadi Yesus Kristus.

           Dengan demikian, yang menjadi prioritas kita dalam bekerja dan mengabdi pada tahun ini adalah Yesus menjadi pusat penyembahan kita yang mempersatukan kita semua, tidak melempar kesalahan kepada siapa pun karena dosa yang telah kita lakukan,  penyesalan akan dosa yang disertai dengan sikap yang berubah, dan patuh pada disiplin organisasi yang berlandaskan firman Tuhan.  Semua ini dapat terjadi karena Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah (ay. .  Sebagai kekuatan Allah, pengorbanan Kristus pada salib adalah pengorbanan yang menyelamatkan. Kuasa dosa dihancurkan.  Yesus adalah Allah yang menyelamatkan.  Kita dimampukan untuk memang atas dosa, bangkit dari kegagalan, dan hidup seturut kehendak-Nya.  Sebagai hikmat Allah, Kristus adalah Pribadi bagi seluruh manusia (ay. 24). Keselamatan dari Allah, bukan hanya rencana dan bukan sebuah ide, konsep, argumen, alasan, tetapi Firman yang menjadi Manusia, yaitu Yesus yang telah datang ke dalam dunia untuk memberikan kehidupan kepada kita.

                Selamat berkarya dalam tahun 2019.  Tuhan memberkati.

Page 1 of 2

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114

Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: sttjaffray@yahoo.com

Telp. 0411-3624129

Fax. 0411-3629549

Kontak Pascasarjana

Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
Telp/Fax. 0411-3619757

© 2020 STT Jaffray Makassar. All Rights Reserved.