Berita Jaffray

Thursday, 16 July 2020 12:29

Laporan Kepala Perpustakaan STFT Jaffray Makassar 2016 -2021

Written by

Perpustakaan STFT Jaffray Makassar berdiri bersamaan dengan berdirinya STFT Jaffray Makassar pada tahun 1932 yang dulunya bernama “Sekolah Alkitab Makassar”. Pada saat itu perpustakaan masih bersifat perpustakaan pribadi/perorangan, dimana buku-buku tersedia masih dimiliki oleh dosen masing-masing yang penggunaannya ialah untuk menunjang proses belajar-mengajar sesuai dengan bidangnya.

Seiring dengan berjalannya waktu perpustakaan ini berkembang, pada tahun 1964 Perpustakaan STT Jaffray dibuka secara resmi dan dikepalai oleh Ny. Luci Kamasi. Sejak dibuka secara resmi kepala perpustakaan sudah berganti beberapa kali, yaitu tahun 1984 Ny. Ribka Sadrak, tahun 1987 Ny. A. Chapman, dan Ny. Bannett yang merupakan misionari dari CMA, kemudian tahun 2000 kembali dipimpin Ny. Ribka Sadrak,  tahun 2006-2016 dikepalai oleh Bapak Marthen Tolong, S.Kom.,  dan 2016 – sekarang oleh Ny. Johana Betris Tumbol, SE., M.Si.

Perpustakaan ini terus dibenahi mengingat begitu pentingnya fungsi perpustakaan di lingkungan kampus STFT Jaffray Makassar. Perpustakaan ini bertugas mengumpulkan, memelihara, mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Masyarakat pembacanya adalah para mahasiswa, pengajar, peneliti pada lingkungan STF Jaffray, dan masyarakat umum.

Perkembangan dunia teknologi dan informasi di bidang perpustakaan di abad 21 cukup pesat. Dari sumber-sumber/resources yang berbentuk fisik bermutasi menjadi bentuk digital. Layanan secara manual menjadi layanan online, dan lain-lain.  Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi  Pustakawan dan Perpustakaan STFT Jaffray dalam tata kelola dan pelayanannya. Karena itu dalam usaha untuk meningkatkan pelayanan guna mendukung penyelenggaraan pendidikan sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar, Perpustakaan STFT Jaffray memiliki Visi-Misi Perpustakaan 2016-2021 sebagai berikut:

Visi :

Sebagai Penyedia Informasi  Yang Tepat Guna Dalam Rangka  Mendukung STFT Jaffray Untuk Mewujudkan Lulusan Yang Handal Dalam Pengetahuan, Penelitian dan Pengabdian Berkualitas Serta Profesional Bagi Penggenapan Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Gereja dan Masyarakat.

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan bagi civitas akademika guna mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Mengembangkan sistem informasi perpustakaan untuk memudahkan temu kembali informasi.
  3. Mendayagunakan sumberdaya  manusia,  sarana dan prasarana yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Mengelola dan mendokumentasikan bahan pustaka yang dimiliki STT Jaffray sesuai dengan kemajuan teknologi informasi bidang perpustakaan.
  5. Memberikan link kepada perpustakaan dunia.

Tujuan :

  1. Terciptanya pelayanan yang berbasis kepuasan pengguna.
  2. Terwujudnya sistem informasi perpustakaan
  3. Meningkatnya kinerja sumber daya manusia serta fasilitas pendukung perpustakaan yang berbasis IT.
  4. Tersedianya bahan pustaka sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan civitas akademika.
  5. Kemudahan akses kepada sumber-sumber pustaka dunia.

Motto Perpustakaan: Now is Reader, Tomorrow is Leader

Harapan kami Visi, Misi dan Tujuan ini bisa terwujud dengan baik. Dukungan dan semua pihak sangat kami butuhkan demi terwujudnya Visi, Misi dan tujuan perpustakaan.

 

HARI CINTA BUKU

Kegiatan Hari Cinta Buku 2020 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh perpustakaan STFT Jaffray Makassar. Dimana tahun 2020 ini merupakan tahun ke-3 dari ajang kegiatan ini. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca mahasiswa yang rata-rata minat bacanya masih rendah.  Mahasiswa yang malas untuk membaca sudah menjadi gejala umum yang menghinggapi kalangan mahasiswa saat ini. Bahkan masih banyak mahasiswa yang bisa lulus tanpa sekali pun pernah ke perpustakaan. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Dady P Rachmananta pada Hari Aksara Nasional. [1]  Padahal membaca buku atau literatur adalah sumber referensi yang sangat penting bagi mahasiswa. Membaca merupakan suatu kegiatan yang dapat menambah wawasan dan memperluas cakrawala kita. Membaca tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar saja, tetapi juga dapat membentuk kepribadian individu dengan menghayati hasil bacaannya.[2]

Karena itu HCB dikemas dalam beberapa event yaitu bedah buku, Seminar dan Workshop Literasi Informasi seperti  Penelusuran Informasi, Cara Menggunakan Reference Manager, Plagiarisme, Membuat Parafrase, dan Teknik Membaca Cepat SQ3R.

Hari Cinta Buku juga merupakan wadah bagi kreatifitas mahasiswa dalam menuangkan kemampuan dan ketrampilan mereka hal membaca Alkitab dalam berbagai bahasa (Indonesia, Ibrani dan Yunani), mencipta lagu rohani, dan membuat video iklan pendek (layanan kampus).

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa baik program S1 maupun program Pascasarjana memiliki minat baca yang tinggi khususnya membaca Alkitab sebagai buku sumber utama dalam pendidikan Teologi, dapat mengimplementasikan  pengetahuan dan ketrampilan Literasi Informasi yang dimiliki untuk kebutuhan akademik dan kebutuhan sehari-hari di dalam dunia nyata. Juga mampu menghasilkan karya sesuai talenta yang dimiliki. Khususnya karya-karya tulis dalam bentuk jurnal ilmiah.

Akhirnya mari dukung Perpustakaan STFT Jaffray Makassar untuk mencapai Visi dan Misinya mendukung STFT Jaffray Untuk Mewujudkan Lulusan Yang Handal Dalam Pengetahuan, Penelitian dan Pengabdian Berkualitas Serta Profesional Bagi Penggenapan Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Gereja dan Masyarakat.

Kontak kami di:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor : 0411 3625961

Media Promosi:

FB: Perpustakaan STT Jaffray

Youtube : Perpustakaan STT Jaffray

Instagram: Perpustakaan STT Jaffray

Makassar, 23 Juli 2020

 

Salam Literasi,

 

Johana Betris Tumbol, SE., M.Si

Kep. Unit Perpustakaan

 

[1] Deni Hardianto, “Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY”, Majalah Ilmiah Pembelajaran Nomor 1 Volume 7 Mei 2011.

[2] Helzi Anugra, Pawit M Yusup, Wina Erwina, Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori Tentang Minat Baca Mahasiswa Di Upt Perpustakaan ITB, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol 1, No. 2, 2013.

 

Read 208 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114

Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: sttjaffray@yahoo.com

Telp. 0411-3624129

Fax. 0411-3629549

Kontak Pascasarjana

Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
Telp/Fax. 0411-3619757

© 2020 STT Jaffray Makassar. All Rights Reserved.