/index.php/berita/95.html /index.php/berita/84.html /index.php/berita/131.html # # /index.php/berita/88.html /index.php/berita-lpm.html

New Books Release

DTYT_Cover Peniel_Cover
Rp 50.000,- Rp 30.000,-
dave AB-001 Cover_Pengantar_Konseling
Rp 50.000,- Rp 49.000,- Rp 55.000,-
Selamat Datang di Website Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Berita Jaffray

Seminar Internasional Sola Scriptura 2015

“Mukjizat itu nyata”, demikian yang kerap diungkapkan di berbagai kalangan umat Kristiani di tanah air. Di balik ungkapan ini ada penegasan akan kuasa Ilahi yang masih tetap bekerja mendatangkan mukjizat hingga masa kini. Bila penyakit sudah dinyatakan “tak tersembuhkan lagi”, apalagi bila segala upaya medis termuktahir telah dijalani, tidak jarang jalan terakhir yang masih diharapkan orang percaya atau “setengah” percaya kepada Tuhan adalah mengharapkan mukjizat-Nya, manifestasi kuasa-Nya yang melampaui pemahaman naturalistik.

Ada dua sikap ekstrim terhadap mukjizat, entah menerimanya begitu saja tanpa pernah benar-benar menguji kebenarannya, atau menolaknya mentah-mentah karena terkesan irasional. Yang pertama masih sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat kita yang mudah percaya pada kekuatan supranatural. Itu sebabnya banyak orang yang cepat tertarik pada berbagai penyembuhan Ilahi. Namun, sikap sebaliknya justru menandai dunia modern yang mengunggulkan rasio dan memuja sains. Segala sesuatu yang beraroma supranatural, apalagi bila dikaitkan dengan kuasa Tuhan, langsung dipertanyakan dan diragukan.

Sikap skeptis ini sudah lama berkembang dan masih sering dijadikan argumen untuk menolak mukjizat yang disaksikan dalam Alkitab. Salah seorang pemikir yang mempopulerkan pandangan anti-supranaturalis adalah David Hume (1711-1776). Pengalaman yang nyaris universal, tegas Hume, justru mendiskreditkan realitas mukjizat. Sepanjang sejarah belum terbukti bahwa orang yang menyaksikan mukjizat tidak menipu, tertipu atau menipu diri sendiri. Lagi pula, rasa takjub akan “misteri” mengkondisikan orang untuk percaya akan gejala-gejala yang sulit diterangkan dengan cara yang masuk akal. Hume berpendapat, hanya bangsa primitif yang kurang beradab dapat meyakini mukjizat.

Di antara pendirian-pendirian yang serba ekstrim itu, tentu saja, persoalan dasarnya terletak pada verifikasi terhadap gejala yang ditengarai sebagai intervensi Ilahi. Seberapa nyata hal-hal yang diklaim sebagai mukjizat? Bagaimana kesaksian-kesaksian tentang mukjizat dapat diverifikasi? Apakah mukjizat-mukjizat, termasuk berbagai penyembuhan yang dikisahkan dalam Alkitab sebenarnya cuma gejala psikologis atau psikosomatis? Sejauhmana kesaksian para saksi mata tentang mukjizat yang dituturkan dalam Alkitab dapat diverifikasi dengan metodologi ilmu sejarah yang absah?

Seminar Sola Scriptura 2015 akan mengangkat tema yang selalu menarik minat publik ini dengan meneropong terutama mukjizat penyembuhan yang banyak disaksikan dalam kitab-kitab Injil, seperti yang dilakukan oleh Yesus dari Nazaret. Prof. Craig Keener, pakar Perjanjian Baru terkemuka dari Amerika Serikat akan menanggapi dan menguraikan topik ini dari sudut pandang historiografi dan memperhadapkannya dengan klaim-klaim “serupa tapi tak sama” di lingkungan Romawi-Helenistik dan lingkungan Yahudi. Namun, selain memanfaatkan ilmu sejarah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Keener menghimpun berbagai kesaksian tentang mukjizat kesembuhan dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dengan melemparkan jaring lintas-etnis dan lintas-budaya seluas mungkin, ia membuka ruang dialog bagi gejala mukjizat yang selama ini terpasung oleh asumsi-asumsi serba skeptis di dunia yang secara numerik sebenarnya “minoritas”.

Prof. Craig Keener adalah mahaguru studi Perjanjian Baru di Asbury Theological Seminary, Wilmore, Kentucky, Amerika Serikat. Gelar Ph.D. dalam studi Perjanjian Baru diraihnya dari Duke University. Salah satu karya besarnya adalah studi setebal hampir 1200 halaman yang diterbitkan dalam dua jilid mengenai mukjizat dalam Perjanjian Baru (Miracles: The Credibility of the New Testament  Accounts; Baker, 2011). Karya terkininya yang dapat disebut sebagai magnum opusnya adalah tafsiran Kisah Para Rasul yang luar biasa substansial dalam empat jilid (Acts: An Exegetical Commentary; Baker: 2011-2014).

Hadirilah sebuah acara besar yang akan di gelar di Makassar, tepatnya di kampus STT Jaffray Makassar.

SEMINAR AKADEMIS

Tema                :    Miracles: The Credibility of The New Testament Accounts

Hari/Tanggal     :    Selasa-Rabu/31 Maret & 1 April 2015

Waktu               :    Pk 09.00 – 17.00 Wita

Tempat            :   Aula STT Jaffray

                               Jl. G. Merapi No. 103 Makassar

Kontribusi untuk Seminar Akademis adalah Rp 50.000,- (hamba Tuhan, pelayan Tuhan, guru, dosen), khusus mahasiswa, pelajar Rp 30.000 dan Seminar Publik Rp 30.000 (untuk semua). Hubungi untuk pemesanan tiket hubungi: Hengki Wijaya (085298038071)

 SEMINAR PUBLIK

Tema                :    MUKJIZAT SUNGGUH NYATA? Antara Keyakinan, Keraguan dan Kebenaran Sejarah

Hari/Tanggal     :    Kamis/02 April 2015

Waktu               :    Pk 17.00–21.00 WITA

Tempat            :    Aula STT Jaffray

                                                               Jl. G. Merapi No. 103, Makassar




Kontribusi untuk

 

New Book Release: Pengantar Konseling Pastoral Teori dan Kasus Praktis dalam Jemaat

Telah Terbit Buku Karya Daniel Ronda berjudul "Pengantar Konseling Pastoral Teori dan Kasus Praktis dalam Jemaat."  Kalam Hidup menerbitkan buku baru Pengantar Konseling Pastoral: Teori dan Kasus Praktis dalam Jemaat. Buku ini ditujukan bagi jemaat dan mereka yang mau menolong konseling orang lain secara sederhana. Buku ini lebih banyak membahas kasus-kasus konseling secara praktis. Buku ini tersedia di Toko Buku Kalam Hidup dan STT Jaffray Makassar. Harga buku ini adalah Rp 50.000,- (setelah diskon 10%). Harga jual di toko Kalam Hidup adalah Rp 55.000, (belum mendapatkan diskon 10%).

altCK1

Salam Daniel Ronda

 

Rapat Kerja Nasional Departemen Pendidikan GKII 2015

Ketua Departemen Pendidikan Gereja Kemah Injil  Indonesia, Pdt. Dr. Daniel Ronda mengundang para ketua-ketua STT di bawah naungan GKII untuk menghandiri RAKERNAS DEPDIK GKII. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9-11 Februari 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh 36 peserta. Peserta berasal dari STT dari Jakarta, Ungaran Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Timika, Sorong, Nabire, Kalimantan Utara. Ada dua belas STT di bawah naungan GKII. Antusias dari peserta yang datang jauh-jauh ke Makassar untuk berkumpul, berbicara dan berdoa serta melakukan kerjasama dan konsultasi. 

Diskusi dan sharing selama kegiatan Rakernas mengenai isu-isu Akreditasi memberikan wawasan baru bagi STT/SMTK/STA. Juga dihadiri oleh Rev. Andrew Brake, Ph.D, Rev. Roland Lumangaw (Direktur APAC) dan Pdt. Dr. Peniel Maiaweng. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Kalam Hidup, Robby Repy. Adapun STT yang hadir adalah STT Jaffray Jakarta, STT Simpson Ungaran Jawa Tengah, STT Tenggarong, STT Pontianak, STT Imanuel Sintang Klansam, STT Welfinger Krayan, STT Jaffray, STT GKII Sorong, STT Russel Timika, STT Levinus Rumaseb, STT Yusuf Nabire, dan STT Welfinger Kaltara. Adapun SMTK yang ikut adalah SMTK Berea Timika, SMTK Tanah Pinoh Kabupaten Melawi Kalimantan Barat, SMTK Eben Haizer Balai Sepuak Kabupaten Sekadau, SMTK Gete'ngan  Mengkendek Tana Toraja, STA Einer Michelzon Nabire, SMTK Long Bia, SMTK Presswood Pelita Kanaan Malinau, SMTK Welfinger Kaltara.

Usulan-usulan RRAKERNAS DEPDIK GKII 9-11 Februari 2015yang diajukan ke RAKERNAS GKII pada bulan April mendatang adalah:

  1. Peraturan Pengangkatan/Pelantikan Pendeta dan pengangkatan dosen STT di bawah naungan GKII. Ketentuan-ketentuan yang mengatur hal tersebut di atas.
  2. Penempatan dosen/guru yang mempunyai karunia/kemampuan mengajar di SMTK/STT dan ditetapkan.
  3. Masa bakti dosen STT berdasarkan aturan pemerintah dan aturan GKII yang mengatur masa bakti dosen.
  4. Workshop untuk dosen/guru untuk melengkapi dan mengembangkan bahan ajar, kurikulum, SAP dan metode pembelajaran.
  5. Perlu adanya jejaring SMTK dan tim khusus yang bertanggungjawab untuk keberlangsungan SMTK yang akhirnya dapat melanjutkan pendidikan.
  6. SMTK yang diperlengkapi dengan kemampuan holistik yang berguna bagi masyarakat dan gereja.
  7. Tindak lanjut RAKERNAS Depdik 2015 melalui program-program yang nyata yang berdampak bagi STT/SMTK.
  8. Melalui kegiatan RAKERNAS DEPDIK dapat memberikan kontribusi
  9. Sinergis departemen Misi dan departemen depdik.
  10. Februari RAKERNAS DEPDIK 2016 di Makassar.
  11. Pelatihan bulan Oktober 2015.
  12. Asosiasi Profesi Dosen Teologi GKII.
 

Program Magister Prodi Teologi Terakreditasi BAN PT

     Tahun 2014 yang lalu, STFT Jaffray akhirnya mendapatkan kunjungan asesmen lapangan dari TIM BAN PT. Kami patut bersyukur bahwa Program Magister Prodi Teologi mendapat akreditasi BAN PT.  Sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Magister Nomor: 463/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014 tertanggal 8 Desember 2014, maka STFT Jaffray Prodi Teologi Magister terakreditasi B.

     Begitu banyak perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi untuk Prodi Magister. Dari hasil keputusan tertera ada 42 Perguruan Tinggi yang terakreditasi dengan Nilai A sampai dengan C. Dengan predikat terendah, nilai C terdapat 14 Perguruan Tinggi, nilai B ada 22 Perguruan Tinggi dan sisanya terdapat 6 Perguruan tinggi bernilai A. Puji Tuhan, STFT Jaffray mendapatkan nilai B. Jadi melalui akreditasi BAN PT memberikan kesempatan yang lebih baik untuk membenahi diri dan meningkatkan kualitas pendidikan teologi khususnya untuk program Magister.  Hal ini juga tidak terlepas dari kerjasama semua pihak (donatur, dosen, karyawan dan alumni dan semua stake holder) dan kerja keras serta doa yang dipanjatkan kepada Tuhan.

     Sebagai sekolah tinggi yang memiliki visi dan misi yang jelas memberikan semangat untuk terus berkarya bagi masa depan STFT Jaffray dan kualitas lulusan STFT Jaffray. Melalui Visi dan misi di bawah ini, kami melakukan tugas dan tanggung jawab ini dengan baik dan benar.

Visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi disusun dengan melibatkan unsur Pimpinan STFT Jaffray (Ketua, Puket I, Puket II, Puket III, Direktur Progam Pascasarjana, Ketua LMPM, Ketua Majalis Kapel, Ketua Lembaga Penerbitan, Ketua Lembaga Penelitian, Ketua Penjaminan Mutu, Ketua Prodi Teologi, Ketua Prodi PAK), para dosen prodi, pengurus yayasan, skateholder, gereja pengguna, dan alumni. Tahapan mekanisme Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran adalah sebagai berikut:

1.   Pemberian Surat Penunjukkan dari Ketua kepada Ketua Prodi untuk melaksanakan penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran berdasarkan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran institusi.

2.   Ketua Prodi menyusun Visi, Misi, Tujuan, dan sasaran Prodi bersama dosen-dosen full-time prodi.

3.   Hasil penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran oleh ketua prodi dan pada dosen prodi dibahas di rapat lengkap dengan melibatkan semua unsur yang ada.

4.   Visi, misi, tujuan, dan sasaran disepakati dan disahkan dalam rapat lengkap.

MIsi Prodi Teologi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teologi yang berkualitas dalam rangka membentuk calon pemimpin yang terpanggil menjadi hamba Tuhan dan guru PAK di seluruh Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai Kristiani, tangguh, berjiwa pemimpin, dan unggul berdasarkan jatidiri yang serupa Kristus.
  3. Mendorong kemajuan penelitian yang menopang pendidikan dan kemajuan ilmu teologi, sosial, dan memperkaya gereja-gereja di Indonesia.
  4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab kepada Amanat Agung Yesus Kristus.
  5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan lainnya, pemerintah, gereja, dan masyarakat.
  6. Mengembangkan organisasi sekolah yang berkelanjutan dan sesuai dengan tuntutan zaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas .
 

Page 1 of 16

<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>
  

Alamat Sekolah
Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114
Sulawesi Selatan, Indonesia
Email: sttjaffray@yahoo.com
Telp. 0411-3624129
Fax. 0411-3629549

Kontak Pascasarjana:
Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
Telp/Fax. 0411-3619757

Copyright © 2012 Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. All Rights Reserved